31 Januari 2015 Preview Workshop Business Model Canvas – TDA Batam Forum
January 30, 2015
4 Februari 2015 Bagaimana Strategi Funding & Mencari Angel Investor – TDA Center Indonesia Forum
January 31, 2015

7 Kebiasaan Mendasar yang Dimiliki Pengusaha Sukses

HabitsBila kita ingin menjadi pengusaha yang sukses semestinya mengikuti kebiasaan para pengusaha yang telah sukses.
Berikut ini 7 kebiasaan para pengusaha sukses yang patut untuk ditiru:

1. Bangun pagi
Ya membiasakan diri bangun pagi adalah langkah awal untuk menjadi pengusaha yang sukses. Biasakan untuk bangun pagi sebelum jam 5 pagi. Dan bagi muslim sebenarnya sudah diwajibkan untuk bangun pada waktu subuh, antara jam 4 – 5 pagi untuk mengawali hari dengan Sholat Subuh.

Jadi ada atau tidak ada rencana kerja di pagi hari, tetap lakukan bangun di awal pagi. Dengan bangun pagi kita bisa melakukan pekerjaan yang lebih bermanfat seperti, membuat jurnal, membuat rencana mingguan, olahraga atau sekedar membuatkan sarapan untuk anak-anak sehingga mempererat ikatan dengan anggota keluarga.

2. Fokus pada hal yang lebih penting
Fokus pada pekerjaan yang lebih penting merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Apalagi banyak hal yang bisa mengalihkan fokus kita seperti, mengecek status twitter, facebook dan email, hal tersebut merupakan pengganggu fokus terbesar saat ini.

Seorang pengusaha yang ingin sukses harus mampu mengatasi gangguan ini dan tetap fokus pada hal yang lebih penting pada bisnisnya.

3. Memiliki obsesi untuk menghasilkan nilai (value) yang lebih baik
Banyak orang berpendapat bila ingin sukses harus menghasilkan produk atau jasa yang mampu memenuhi keinginan pelanggan.

Tetapi untuk menjadi pebisnis sukses harus mampu menghasilkan produk dan jasa yang memiliki value (nilai) lebih bagi masyarakat, baik itu berupa produk, proses, komunikasi, follow-up, servis, konten, hubungan dan konteks yang bernilai. Jadi tidak sekedar bisa memenuhi keinginan customer.

Jika kita selalu terobsesi untuk memberikan value, mengukur value dan selalu berusaha untuk meningkatkan value produk dan bisnis kita, maka kita telah meniti kesuksesan, karena tidak ada cara yang lebih baik untuk melayani customer selain selalu berusaha memberikan value yang lebih baik pada bisnis kita.

4. Manjaga Kesehatan
Manjalankan bisnis memerlukan ketahanan fisik dan mental. Oleh karenanya kita harus manjaga stamina agar selalu memiliki energi yang tinggi sepanjang hari.

Pengusaha yang sukses memiliki kebiasaan yang sehat dengan selalu berolahraga, makan makanan yang sehat dan beristirahat yang cukup. Bila kita telah melakukan kebiasaan sehat ini maka kita telah berinvestasi untuk membuat kerja kita lebih podukif.

5. Selalu mencari tahu kesenjangan dengan customer
Seorang pengusaha sukses selalu bertanya apa yang kurang dari bisnisku? Selama kita selalu dekat dengan pelanggan dan selalu meminta feedback mereka, kita akan mengetahui kesenjangan dengan customer, bagaimana kita mengkomunikasikannya dengan mereka dan apa yang diinginkan customer.

Dengan cara mencari kesenjangan antara bisnis kita dengan harapan yang diinginkan customer merupakan cara yang lebih baik untuk meraih kesuksesan, daripada mencari kebutuhan calon customer kemudian baru membuat produknya.

Kuncinya adalah pahami keinginan customer untuk mendapatkan informasi, produk dan servis yang mereka cari.

6. Berinteraksi dengan orang lain
Saat ini berbisnis bisa dilakukan tanpa berinteraksi dengan orang lain di luar kantor kita. Tetapi manusia memerlukan interaksi untuk hidup.

Jika kita ingin berkembang, belajar dan memahami orang lain, maka kita harus keluar kantor dan berinteraksi dengan orang lain. Menghadiri seminar, minum kopi dengan customer atau kawan-kawan. Dari interaksi di luar kantor ini kita bisa belajar hal-hal baru yang belum kita pahami, bisa mendapatkan partner strategis, dan peluang-peluang lain yang bisa mengembangkan bisnis kita.

7. Senang belajar dan senang berbagi
Saat ini banyak pengusaha yang sukses mengembangkan bisnisnya, dan perusahaan bisa melakukan penjualan yang tinggi. Untuk menjadi pengusaha kita harus selalu belajar, tetapi pengusaha yang sukses juga harus mampu membagikan kiat-kiat suksesnya kepada karyawannya bahkan kepada pengusaha lainnya agar mencapai kesuksesan seperti dirinya.

Banyak pengusaha sukses tetapi sulit untuk mengajar atau berbagi kepada orang lain agar sukses seperti dirinya. Seharusnya pengusaha yang sukses terus belajar bagaimana cara membagikan ilmunya kepada orang lain agar dirinya memiliki value atau nilai lebih bagi masyarakat.

Sumber: allbusiness.com

2 Comments

  1. nice artikel… (^^)
    pada point nomer 1, adalah hal yang sangat krusial tetapi banyak yg meremehkannya.

  2. doakan smoga saya bisa meniru kebiasaan pengusaha2 sukses. salam dahsyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X