HUT Astra Ke-60 “Inspirasi 60 Tahun ASTRA” – TDA Surabaya
July 20, 2017
Apa yang dimaksud Scale Up Spirit?
July 21, 2017

Acara Kopdar #5 TDA Gresik dan Acara Halal BiHalal TDA Gresik Sekaligus Sinau Bareng Sharing Bisnis

Acara Kopdar #5 TDA Gresik dan Acara Halal BiHalal TDA Gresik Sekaligus Sinau Bareng Sharing Bisnis

Acara berlangsung pada Hari Minggu, 16 Juli 2017  di Kedai Es Campur Sinar Gresik  yang biasa disebut Mabes di Jalan Tenaru Driyorejo Gresik berlangsung cukup lancar. Hadir dalam acara tersebut beberapa Komunitas undangan  seperti Komunitas Driyorejo Update, Driyorejo Bersatu, Wakil dari IKUBI, JS (Juragan Sedekah),SBC dan Komunitas lainnya, beberapa komunitas tidak bisa Hadir karena bersamaan dengan agenda acara yang hampir sama. Acara ini  juga menjadi ajang tempat silaturahmi, dan branding produk. Puluhan produk dipajang diarea kopdar, mulai dari kerajinan tangan  sampai dengan produk kuliner.

Menurut panitia Acara sekaligus Pengurus TDA Event Agesta Priya Kusuma, peserta cukup antusias yang mendaftar dari kuota yang disediakan 30 Seat, akhirnya ditambah sampai dengan 60 peserta, acara ini dipersembahkan TDA Gresik bekerjasama dengan CV. Tabita Multindo, Woyo-woyo, CV. Budiluhur Berdikari, Gapuro Putri, HJ Highjab, Kerso Roso, dan Ayam Geprek Mang Soetta. Acara ini berkonsep sederhana ” Kami mengkonsep sedemikian rupa Gelar kloso lungguh & Sinau bareng namun padat  acara dengan tujuan agar peserta nyaman selama acara”.

Acara yang terdiri dari:
1. Silaturahmi TDA
2. Sinau bareng/sharing bisnis MARKETING COMMUNICATION & SALES SERIES STRATEGY MARKETING DAN PENJUALAN DI ERA DIGITAL
3. Halal bihalal
4. Branding/pengenalan produk TDA Gresik
5. Visit bisnis pelaku ukm Anggota TDA GRESIK Pabrik Olahan Ikan/Frozenfood Familyfood.

Acara yang berjalan semenjak pagi Jam 08.00 WIB dimulai dengan silturahmi peserta TDA, dilanjutkan dengan sambutan, dan halal bihalal  dari ketua TDA Gresik 1.0 Pak Indrajaya dalam sambutannya beliau mengatakan “Bahwa Pelaku Bisnis UKM wajib terus belajar untuk selalu mengUpgrade ilmu, terutama ilmu Marketing dan Penjualan, dan Mas Faizal Alfa adalah pakar dan praktisi yang hebat fokus dalam ilmu marketing digital, Mas Faizal (Direktur BOD Markom TDA Pusat) juga tengah menerbitkan Buku Baru 3D marketing yang akan mengulas lebih dalam tentang ilmu marketing, kami tunggu bukunya, kami berharap kedepan akan mengadakan acara serupa yang lebih instensif agar pelaku UKM-KM Gresik menjadi berkembang” kata Pak Indra owner jasa konsultan Infinity Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan sharing bisnis strategy marketing bersama  mas Faizal Alfa. Peserta cukup antusias menyimak dari paparan ilmu yang berdaging yang diberikan mas Faizal. Diawali dengan interaksi dengan semua peserta untuk saling mengenalkan produk masing-masing, Kemudian praktek bersama-sama secara langsung, karena dilokasi sudah disediakan Koneksi Wifi yang lumayan Kenceng.  Salah satu peserta mengatakan bahwa penjelasan yang diberikan pembicara sangat jelas dan pembawaannya kalem sehingga mudah dipahami peserta acara. Dari materi yang disampaikan bahwa era digital sudah saatnya memanfaatkan media social lebih efektif. Sehingga beliau merangkum dalam 3D Marketing tediri dari :

  1. D1 : Defining The Market
    Tentukan market dengan memperhatikan Segmenting, Targeting, dan Positioning

  2. D2 : Designing The Solution, Goal, and Strategy
    Susun : Product, Price, Place, Promotion, Pacakging, Process, People. Kemudian tentukan angka target spesifik, dan tentukan strategi pemasaran yang akan digunakan

  3. D3 : Delivering The Activity
    Pastikan terlaksana dengan Team, Tools, Timeline, disiplin diterapkan

Silahkan untuk mempraktekkan di dalam usaha masing-masing karena semua butuh proses, Ujar mas Faizal yang merupakan Penulis 3D Marketing, Founder TataWarna Marketing Communication, Direktur Marketing Komunikasi BOD TDA 5.0 #ScaleUpSpirit, IG bisa ditemui dalam  akun beliau www.instagram.com/alfafaizal.

Suasana acara makin meriah  dan segar dengan hadirnya penampilan Band TDA Bandgresik  yang menyuguhkan lagu-lagu lawas seperti tembang Jogjakarta, dan Kemesraan. Beberapa peserta tampak meneteskan air mata haru  ketika lagu “Jangan Menyerah”  dinyanyikan oleh Vocal Martono feat Adin. Lagu Jangan menyerah (Dmasiv) ini mengingatkan kepada semua pelaku Bisnis UKM, agar jangan mudah menyerah dan terus berjuang untuk selalu mencapai impian dalam bisnisnya.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan/visit bisnis ke Pelaku UKM Pabrik Olahan Ikan/frozenfood  familyfood di Tenaru Driyorejo Anggota TDA Gresik Ibu Rririn, SP.

TDA merupakan komunitas wirausaha terbesar di Indonesia, terdiri dari 61 Daerah, dan 15 wilayah, serta tersebar di 5 Negara, Indonesia, Hongkong,Mesir,Singapura dan Australia, Keberadaan Komunitas TDA sudah lebih dari 10 Tahun ini membuktikan bahwa komunitas ini terus konsisten dalam membentuk Entrepreneur dan Wirausaha yang tangguh dan selalu siap untuk menghadapi perubahan.

Menurut Zainal arivin yang akrab dipanggil Bangzay yang merupakan founder TDA Gresik, yang sekarang diamanahi sebagai Sekjen TDA Gresik 1.0 mengungkapkan “Saatnya kita bangkit dan ikut andil untuk memberikan kontribusi bagi kota Gresik, kota Gresik adalah kota besar tidak hanya Industrinya yang maju,  potensi sumber daya alam dan sumber daya Manusia melimpah  yang berada di kabupaten Gresik bila disinergikan akan melahirkan pengusaha pengusaha baru dan mendorong UKM bisa berkembang,masyarakat, Mandiri,kreatif dan Maju”.

TDA Gresik Lahir berawal dari ide dan  Inisiasi  Mas Zainal  dan dukungan Pak Dwi Handaya (Direktur Epik 4.0) dan rekan sesama wirausaha Saat ngopi bareng di Driyorejo Gresik  pada hari Minggu 8 Mei 2016. Dan Akhirnya pada hari minggu 18 Desember 2016 TDA Gresik secara resmi di Resmikan di Kedai Sinar Gresik, dan memberikan amanah kepada  Pak Firdaus Indrajaya Tuharea untuk menjadi Ketua TDA Gresik ver.1.0.
(Red. Markom TDA Gresik.

Informasi TDA Gresik
www.tdagresik.org
082139125256

X