8 Elemen
June 18, 2015
27 Juni 2015 Seminar ‘Bisnis Sederhana Omset Luarbiasa’ – TDA Bandung Forum
June 21, 2015

Batam 2Mempelajari ilmu bisnis saja tidak cukup. Setelah belajar dari para mentor dalam workshop seri TDA Batam yang terdiri dari 7 seri dan beberapa kali sesi belajar dari ahlinya selama hampir satu semester awal di tahun 2015, maka Pengurus TDA Batam ingin menjadikan hasil pembelajaran yang dilakukan anggotanya benar-benar bisa menjadi landasan pengetahuan untuk menjalankan bisnisnya secara benar dan terstruktur.

Oleh karenanya TDA Batam menggelar event “Meet the Jury and Meet the Investors” yakni sebuah acara presentasi bisnis yang dilakukan para anggota TDA Batam yang telah mengikuti Workshop Seri TDA Batam. Tujuan dari acara ini adalah untuk melatih para anggota bagaimana cara mempresentasikan bisnisnya dengan baik dan benar di depan para calon investor. Hal ini dilandasi oleh para anggota yang ingin memperbesar skala bisnisnya dan jalan yang paling memungkinkan untuk memperbesar bisnis adalah dengan menggandeng investor.

Selama hampir satu bulan para anggota TDA Batam digembleng oleh para mentor bagaimana cara membuat presentasi yang menarik bagi investor. Selama masa penggemblengan ini merupakan waktu yang semakin mempererat hubungan antara mentor dan mentee dalam keluarga besar TDA Batam dalam rangka untuk tumbuh bersama dan bersama menebar rahmat.

Dan acara “Meet the Jury and Meet the Investors” akhirnya ditentukan pada tanggal 13 Juni 2015 sehari setelah Mukernas TDA di tempat yang sama yaitu di GGI Hotel. Dan gelaran ini diikuti oleh 12 peserta yang siap dengan presentasi bisnisnya.

Peserta “Meet the Jury and Meet the Investors” adalah:
1.    Mukminun, E-Commerce – Marketplace untuk anggota TDA.
2.    Elda, Laundry Spot
3.    Cheppy, Tastea – Minuman teh dalam kemasan
4.    Navita, Bakso Kotak
5.    Denny, TDA Center
6.    Aldhe, Bimbel Mentari
7.    Sri Handoyo, Soto Kwali Sukoharjo Makmur
8.    Insan Maulana, eKiosk – Digital media promo portabel
9.    Gunadi, Gledek.com – Layanan hosting dan Web developer
10.    Heri, Bimbel Sadewa
11.    Sulisetiyo, Es Muna
12.    Solehudin, Multiple Payment Services Gateway

Acara ini diawali oleh presentasi Mukminun yang menawarkan marketplace atau ecommerce yang bisa menjadi tempat bagi anggota TDA sebagai media untuk menjual produk-produknya. Dengan jumlah anggota TDA yang sangat besar di seluruh Indonesia maka marketplace ini bisa menjadi solusi para pebisnis untuk membawa bisnisnya go online.

Elda, owner dari Laundry Spot pada giliran kedua menawarkan kepada investor untuk bisa bersama mengembangkan bisnis laundrynya menjadi lebih besar dan merambah ke seluruh wilayah di Batam. Berikutnya adalah Cheppy yang mengajak  investor untuk menanamkan modalnya untuk mengembangkan produk Tastea berupa minuman teh dalam kemasan dengan aneka rasa.

Navita dengan Bakso Kotaknya sangat yakin bahwa bisnisnya memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang dengan kualitas rasa dan pangsa pasar yang besar di Batam. Selanjutnya adalah Denny yang bertanggunjawab terhadap pengelolaan TDA Center mengajak investor untuk menanamkan modalnya pada pendirian TDA Center yang nantinya TDA Center bisa menjadi pusat promosi dan display produk bagi para pebisnis dan juga bisa menjadi virtual office bagi para pengusaha yang belum memiliki kantor yang representatif.

Dunia pendidikan yang sedang tumbuh di Batam menjadi bidikan Aldhe dengan Bimbingan Belajar Mentari. Ia memerlukan investor untuk bergabung guna mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi. Berikutnya Sri Handoyo dengan Soto Kwali Sukoharjo Makmur menawarkan kemitraan kepada para investor untuk membuka cabang soto kwalinya baik di Batam dan di luar Batam. Saat ini Soto Kwali Sukoharjo Makmur telah memiliki 11 cabang di Batam dan sedang menjajagi pasar Singapura.

Insan Maulana dengan produk eKiosk yaitu multimedia display promo digital sedang mencari investor untuk mengembangkan produknya. Produk ini sangat sesuai sebagai media promo bagi peserta pameran. Selanjutnya adalah Gunadi dengan Gledek.com merupakan layanan webhosting dan web developer.

Peserta ke-10 adalah Heri dengan bisnis bimbingan belajar Sadewa adalah satu-satunya peserta yang bisnisnya belum berjalan. Tetapi dalam masa satu jam sebelum dia mempresentasikan bisnisnya telah mendapatkan investor yang bersedia mendanai usahanya 100%. Berikutnya adalah Sulisetiyo dengan produk es bubble dengan nama MUNA, menawarkan kepada investor untuk menanamkan modalnya untuk membuka outlet baru. Bisnis ini sangat menjanjikan dengan omzet mencapai 40juta/bulan dari satu outlet saja.

Presentasi ini ditutup dengan penampilan dari Solehudin dan rekannya Nyanwar dengan bisnis Multiple Payment Services Gateway, sebuah layanan one stop station untuk tiket pesawat, voucher hotel, layanan wisata, rental mobil, PPOB dll.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu oleh peserta tiba yaitu pengumuman pemenang dari “Meet the Jury and Meet the Investors” dari dewan juri yang terdiri dari : Gani Founder PT Inforsys Indonesia, Riginoto Praktisi Marketing dari UIB, Rino Perwakilan BI Kepri dan Gunawan Ketua TDA Batam. Hasilnya adalah:

1.    Juara 1 Navita, Bakso Kotak, dengan hadiah tambahan moda sebesar 6 juta.
2.    Juara 2 Sri Handoyo, Soto Kwali Sukoharjo Makmur, dengan hadiah 5 juta.
3.    Juara 3 Cheppy, Tastea, dengan hadiah 4 juta.
Batam 3
Dan Solehudin dengan Multiple Payment Service Gateway menjadi peserta dengan presentasi & proposal bisnis terbaik.

Batam 4

Selain pemenang yang diumumkan dewan juri, panitia juga mengumumkan peserta yang mendapatkan investor yaitu:
1.    Soto Kwali Sukoharjo Makmur dengan 3 investor.
2.    Bakso Kotak dengan 1 investor.
3.    Bimbel Sadewa dengan 1investor.
4.     Solehudin dengan Multiple Payment Service Gateway mendapat 1 investor.
Batam 1

sw (Redaktur)

liputan/tdabatam/juni2015

Share yuk ...
X