5-6 November 2016 Workshop Series 4.0 ‘Financial, System & Legal’ – TDA Depok Forum
October 21, 2016
Pesta Wirausaha Pare Pare 2016 – Press Release
October 25, 2016

wisuda-klub-properti-2*Konsistensi Berbuah Manis*

Medio Agustus 2016 sekitar 20an orang anggota TDAP mengikuti acara Workshop yg diadakan oleh BTN kerjasama dgn ITB, dengan nama Mini MBA ITB-BTN,tentu saja bagi kami sebagai ‘diehard property club TDA Depok’  kesempatan ini tdk kami sia-siakan.

Selama sebulan lebih kami digembleng mengikuti kegiatan workshop property,tiap sabtu-minggu, terikut 116 orang dalam satu angkatan, peraturan cukup ketat, Peserta tdk boleh absen,harus mengikuti seluruh Materi prope,ini sbg prasyarat kelulusan program, dimana piagam penghargaan plus pengurang 3 SKS dlm program MBA ITB sdh dpt kita raih.

Pemateri dengan latar belakang akademisi, praktisi yg bertubi-tubi memberikan pengalamannya,menjadi trigger bagi kami untuk selalu memperbaharui Ilmu, niat dan kompetensi dlm dalam menscaleup bisnis property yang kami miliki.

Tidak ada jaminan orang-orang yg mengikuti training ini akan langsung Serta merta membuka proyek, tapi stdknya yg sdh pernah membuka proyek, training ini sbg wadah dlm membina jaringan serta memperbaharui informasi seputaran property dan yg paling terpenting Akses jaringan ke BTN dgn segala kekuatan financial nya akan lebih mudah kami dapatkan.

Tibalah akhirnya program in class selesai dilakukan,dan masing2 peserta harus mempresentasikan proposal pembiayaan proyeknya,ini salah satu syarat kelulusan, sdh mendapatkan Ilmu, harus ada feedback setelah itu,beberapa peserta mulai berguguran maklum banyak yg ikut workshop ini berpredikat newbie dan ada juga sekelas owner proyek yg ngga mau ambil pusing, mungkin dlm hatinya bilang “buat apa bikin proposal lagi,toh proyek gue udah jalan”!.

Namun perlu dipahami juga bahwa workshop ini fungsi utamanya benar2 menscaleup bisnisnya peserta, bukan utk si pemateri atau BTN, sdh bayar jutaan tapi tidak kita optimalkan.Tapi kembali semua terlepas dari diri pribadi masing-masing.  Merangkum Aspek Teknis, keuangan hingga cashflow dalam satu proposal bukan perkara mudah,tapi disitulah seni nya,ketika seorang “owner” proyek membuat proposal pembiayaannya sendiri, akan menjadi kebanggaan yang tak ternilai harganya.

Kembali lagi ke laptop, Peserta dari TDAP sepertinya orang-orang yg cukup serius dalam mengikuti acara ini, dari 23 orang yg ikut dari TDAP, 90% membuat proposal Pembiayaan, mungkin kultur di TDAP yang memiliki semboyan “Berbagi Ilmu Mencari Solusi”  benar2 terpatri dalam diri mereka.

Berbagi Ilmu artinya saatnya menebar proposal, Mencari solusi artinya sasaran tembak investor harus diperluas, berhubung yg menjadi panitia Pitching adalah punggawa BTN maka jangan dibuang-buang kesempatan.

Selesai sudah pitching,sebagian besar anggota sudah presentasi, saat nya penentuan siapa peserta terbaik diantara 116 orang tersebut?

Selang 3 Minggu kemudian kami sebagai peserta Mini MBA dipertemukan kembali, pada hari penutupan Mini MBA batch 1.

BTN sebagai Penyelenggara MINI MBA Property benar-benar memersiapkan acara penutupan ini dengan meriah, serius nya BTN ditandai juga dengan dibukanya kelas-kelas baru di daerah,Bandung, Medan, Makassar, kabarnya target 500  developer baru harus sudah tercetak ditahun ini.

Acara penutupan MINI MBA batch 1  dilakukan oleh Dirut BTN Bpk Maryono dan Dekan MBA ITB Prof. Soedarso, tgl 16 okt 2016, tiba saatnya Pengumuman peserta terbaik dan sangat luar biasa peserta terbaik jatuh kepada Musthafa Hadid Alaydrus,SE dgn nilai hampir sempurna 94,5, bliau adalah anggota Club TDA PROPERTY juga pengurus klub, kabarnya digadang-gadang menjadi ketua Klub setelah pengurusan ini, kemudian berturut2 MC mengumunkan peserta terbaik berikutnya,dari 6 orang peserta terbaik, 4 orang berasal dari Klub properti TDA Depok, Bravo TDA PROPERTY, antara lain: Hari Wibowo (Dirut MarKom TDA Pusat, anggota klub properti), Andi Sasongko (Anggota Klub), Andy Rachmat (Pengurus Klub properti).

wisuda-klub-properti-1

Dan yang cukup menggembirakan dari 3 peserta yang diterima proposalnya kemudian langsung keluar pre approval dari BTN, 2 Orangnya berasal dari Klub property tda depok, yaitu Musthafa Hadid Alaydrus dan Andy Rachmat dgn total plafond dari keduanya senilai 16 Milyar.

Mungkin ini buah dari konsistensi teman-teman dlm mengelola klub property dari tahun ke tahun, sehingga estafeta kaderisasi anggota terus dilakukan.

Saya sebagai ketua klub property tda depok, mengucapkan selamat kepada anggota yang telah mengharumkan nama klub,dan Lagi-lagi saya sebagai ketua klub cukup sebagai pelayan:),semoga bermanfaat bagi semua stake holder dan Majulah Entrepreneurs Indonesia…

#1000entrepreneurbaru

Ketua Klub Properti TDA Depok V.3
Rudi Sahputra

wisuda-klub-properti-3

Share yuk ...
X