Kenapa Kodak Mati?
March 20, 2014
Bersama TDA Menuju Sukses #PWChangedMyLife
March 22, 2014

Mau Menjadi Korban Perubahan atau Pemimpin Perubahan ? #PWChangedMyLife

PW 2013

Sandiaga Uno dengan Teguh Wibawanto di Pesta wirausaha TDA 2013

Dunia bisnis terus berubah secara cepat, beberapa orang disekitar kita yang dulu seolah menjadi “tokoh” sekarang sudah lenyap bagai “dinosaurus”. Tidak terkecuali para pendahulu-pendahulu di komunitas Tangan Di Atas, yang dulu saat jadi pengurus aktif dengan berjalannya waktu ada yang bisnisnya makin berkembang dan ada juga yang punah bagai dinosaurus.

Perubahan tidak bisa dihindari, karena ada orang-orang tertentu yang secara aktif menentukan arah perubahan, sementara orang lain ada yang hanya bisa beradaptasi dengan perubahan, dan orang lain akan mati menjadi korban perubahan itu sendiri.

Studi kasus sederhana adalah hampir setiap tahun komunitas TDA mengadakan acara PestaWirausaha. Seperti hukum perubahan pada umumnya setiap acara akan dituntut untuk lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, lebih wow dan lebih memberikan nilai tambah dari tahun-tahun sebelumnya.

Ketika acara PestaWirausaha tahun lalu 2013, Saya memutuskan untuk memimpin acara tersebut, langkah pertama yang sangat strategis adalah dibentuknya tim kecil yang hanya beranggotakan 10 orang, masing-masing anggota merupakan personel yang cukup expert dan fokus di tugasnya, selain itu mereka pun anggota yang sangat disiplin dan humble meskipun hampir semuanya adalah business owner. Kami semua mengibaratkan sekumpulan elang yang terbang dalam satu formasi, bukan elang yang pada umumnya terbang berpencar.

Dengan bantuan beberapa konsultan bisnis dan konsultan EO, kami pun menentukan bahwa acara Pesta Wirausaha di tahun 2013 bisa menjadi milestone atau batu loncatan untuk bisa menjadi wadah bagi 10.000 milyader di tahun 2018. Karena jika mengacu kepada misi tersebut, maka di tahun 2018 harus ada wadah acara yang bisa menampung 10 ribu pengusaha yang memiliki kategori milyader. (Sebagai catatan Kategori milyader adalah pengusaha yang memiliki aset bersih dikurangi hutang senilai lebih dari 1 milyar)

Untuk itulah akhirnya kami memutuskan tempat di JIEXPO sebagai tempat yang bisa digunakan untuk membuat acara ini berkelanjutan hingga tahun 2018 masih bisa digunakan tempat yang sama. Pemilihan tempat di JIEXPO dengan format acara yang cukup WOW saat itu merupakan salah satu keputusan untuk menjadi pemimpin perubahan agar para pengusaha UKM bisa naik kelas menjadi korporasi dengan terlebih dahulu merubah mindset atau cara berfikirnya.

Tetapi yang harus diperhatikan dengan seksama adalah kalkulasi dalam membuat perubahan tersebut harus sangat akurat dan berada di angka safety, serta eksekusi yang dilakukan harus sangat disiplin, sehingga apabila terjadi kemungkinan terburuk hanya rugi sebatas kemampuan yang kita bisa terima, bukan kerugian yang membuat kita bangkrut.

Alhasil meskipun secara finansial mengalami kerugian sedikit, tetapi nilai intagible acara tersebut sangat tinggi dan acara tersebut memberikan efek WOW serta bargaining kepada komunitas TDA dengan pihak yang mau bekerja sama. Jadi sesungguhnya UKM pun bisa naik kelas jika kita mau dan mau memilih menjadi pemimpin perubahan.

#PWChangedMyLife

Teguh Wibawanto
www.hydro.co.id

X