Siapa Bilang Jadi Pengusaha itu Enak?
December 7, 2013
Liputan Pesta Wirausaha TDA Tangerang – Pesta Wirausaha 10 Kota di Indonesia
December 8, 2013

Mental Block Breaker Camp for Startup – TDA Cilegon Serang Forum

MentalBlockbreakercampMinggu 24 November 2013, siang itu cuaca cukup cerah menemani pengunjung yang berlibur mengisi akhir pekannya di Taman Rekreasi Wulandira Serang. Disaat yang Bersamaan hari itu ada sesuatu yang berbeda dan spesial di kota Serang  yaitu adanya sebuah pelatihan wirausaha yang unik dan pertamakali di kota Serang yaitu Pelatihan Mental Block Breaker yang diselenggarakan oleh Komunitas Tangan Di Atas Wilayah Serang-Cilegon (TDA CS) yang bertempat di Aula Taman Rekreasi Wulandira, Serang.

Pelatihan yang diorganisasi oleh panitia Adi Cahyadi, Fredy Irwan tsb diikuti oleh 20 peserta dari berbagai latar belakang profesi baik dari pengusaha, karyawan bahkan mahasiswa. Pelatihan dimulai pada pukul 08.00 pagi, dibuka langsung oleh Ketua TDA CS yaitu Ade Hidayat. Ade menyampaikan bahwa acara pelatihan ini yang juga sekaligus acara pelatihan pertama yang diadakan oleh TDA CS sendiri mengingat TDA CS baru didirikan. Ide awal digagasnya pelatihan tsb dari Ade Hidayat sendiri suatu ketika berkomunikasi dengan Zainal Abidin yang langsung menyetujui untuk dilaksanankan di Wilayah Cilegon Serang.

Blockbreaker4 Dalam pelatihan ini peserta selain diberikan teknik dan teori mengenai bisnis, juga pengalaman nyata dengan langsung praktik di lapangan. Pelatihan ini dibagi menjadi 3 sesi yaitu sesi pertama penyampaian Materi dan Inspirasi Bisnis oleh Zainal Abidin atau Jay Teroris, seorang Motivator Nasional, penulis Best Seller dan Pengurus TDA Pusat menyampaikan materi selama kurang lebih 2 jam.

Semangat serta antusias peserta sangat tinggi dalam sesi tersebut. Sesi kedua pukul 10.30 peserta dibawa dengan Angkot (angkutan Kota) menuju Alun-Alun Kota Serang yang berjarak sekitar 10 km dari tempat acara. Sesi kedua ini peserta diminta untuk meninggalkan semua uang, alat komunikasi, jam tangan, dan benda berharga untuk dititipkan kepada panitia. Peserta hanya dibekali dengan satu botol sedang 600ml air mineral dan 2 kartu perdana operator GSM. Peserta diminta untuk menjual barang tersebut, hasil penjualan digunakan untuk membeli barang dagangan lagi sampai batas waktu yang ditentukan yaitu jam 14.30 WIB.

Peserta ada yang berjualan di lampu merah, Ramayana Departemen Store Serang, bahkan sampai Masjid Agung Serang. Peserta sangat semangat menjual dan menikmati proses ini, ini terlihat dari hasil penjualan dan penghasilan yang didapat sangat memuaskan bahkan bisa memperoleh keuntungan lebih dari 7 kali modal sebelumnya. Setelah itu peserta dibawa kembali ketempat acara semula untuk evaluasi dan istirahat. Satu hal unik dalam penyajian makan untuk peserta adalah bahan makanan disiapkan dari lahan sendiri (pihak Taman Rekreasi Wulandira) dan lokasi makannya menghadap danau yang indah, membuat semua peserta betah dibuatnya.

Sebelum penutupan pelatihan, peserta diberi arahan dan informasi mengenai segala info tentang TDA dan bagaimana cara untuk menjadi anggota TDA. Acara selesai pukul 17.30, diakhiri dengan foto bersama dengan Panitia, Zainal Abidin, dan seluruh peserta.

Pelatihan Mental Block Breaker ini diharapkan dapat terlaksana secara rutin setiap tahunnya atau bahkan beberapa bulan sekali. Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik untuk TDS CS dalam melaksanakan dan  mempersiapkan acara yang lebih besar kedepannya.

Kemudian pada Sesi terakhir Evaluasi dan Sharing bersama khususnya mengenai hasil penjualan tadi yang dipandu oleh Jay Teroris, diskusi dan evaluasi berlangsung seru bahkan peserta ada yang masih ingin berjualan lagi. Satu lagi yang menarik yaitu setiap peserta mendapatkan 2 buku karya Jay Teroris yaitu buku “MotivActor” dan “Monyet Aja Bisa Cari Duit”. Disediakan juga hadiah voucher dari Klinik Herbal Al Fathar dan Jamur Muncrat

 

Agung Song Song Basuki

Sekretaris TDA Cilegon Serang

 

 

Share yuk ...
X