Pesta Wirausaha 2016 – Kado 1 Dekade TDA
February 1, 2016
Apa Penyebab Terbesar Kegagalan Entrepreneur ?
February 3, 2016

AppleMark

Dalam beragam kesempatan bertemu dengan teman-teman pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), selalu saja muncul pertanyaan, bagaimana supaya dapat karyawan yang bagus. Padahal mereka sudah memimpikan usahanya dijalankan oleh orang-orang bagus ini, sementara sang owner bisa jalan-jalan.

Mendengar pertanyaan di atas, saya biasanya balik bertanya, “Usahamu apa sudah menghasilkan cukup besar ? Lha kalau tidak menghasilkan, bagaimana orang bagus mau ikut dengan kamu ?” Mendengar jawaban yang juga pertanyaan ini biasanya teman-teman jadi terhenyak, dan sambil tersipu-sipu menjawab, “Belum sih pak.”

Banyak dari teman-teman ini berharap mendapat orang bagus, dengan biaya ekonomis dan berharap orang-orang bagus ini yang akan membangun perusahaan mereka. Memang bisa saja sih kita menemukan orang-orang dengan passion tinggi, yang mau bekerja tanpa dimotivasi penghasilan lumayan, cukup dengan iming-iming masa depan lebih baik kalau mereka serius bekerja dan membantu membangun usaha sampeyan.

Tetapi kalau orang bagus beneran, mereka juga cukup pintar untuk melihat realita saat ini, selain harapan untuk masa depan. Nah serunya adalah, realita saat ini dan harapan untuk masa depan ini ya tanggung jawab kita sebagai pengusaha untuk meng-createnya. Lha kok begitu? Lha iya, karena kitalah sang pemimpin tertinggi di usaha kita.

Kalau melongok dari level leadership dari ahlinya, John C. Maxwell, dia membagi level kepemimpinan dalam 5 level.

1. POSITION (Posisi atau Hak)

Yang ini sudah pasti kita punya posisi atau hak sebagai pemimpin, karena kita yang menjadi pemilik usaha. Ini pemimpin yang paling dasar, dan harus segera move on ke level berikutnya.

2. PERMISION (Hubungan)

Orang mengikuti kita bukan hanya karena kita yang punya hak jadi pemimpin, tetapi memang orang suka dengan kita. Nah ini bisa jadi karena kita punya hubungan baik dan mampu membuat rencana-rencana atau program yang meyakinkan alias jago membuat wacana.

3. RESULT (Menghasilkan)

Nah ini adalah level yang paling krusial dan menurut saya sebagi pemimpin usaha paling bertanggung jawab untuk membawa usaha pada level MENGHASILKAN secepat mungkin.

4. PEOPLE DEVELOPMENT (Reproduksi)

Orang mengikuti karena apa yang Anda telah lakukan bagi mereka, butuh komitmen jangka panjang untuk mengembangkan pemimpin dan pertumbuhan perusahaan untuk jangka panjang.

5. PINNACLE (Respek)

Orang mengikuti karena siapa Anda dan apa yang peran Anda. Meskipun sudah tidak memipin organisasi. Level ini tidak mudah bisa dicapai orang, karena harus dibuktikan dalam jangka panjang atas komitmen untuk menumbuhkan orang dan organisasi.

Kembali lagi ke pertanyaan, sudah seberapa Anda mampu membuat usaha Anda MENGHASILKAN ??? Iya, menghasilkan pendapatan dan keuntungan yang memadahi, sehingga membuat tim kita mendapat penghasilan yang lumayan baik dan usaha mampu berkembang lebih lanjut.

Kalau level ini tidak bisa segera kita raih, lupakan soal mendapat orang bagus, dan lupakan jargon-jargon usahanya jalan dan pengusahanya jalan-jalan.

Yang kita perlukan adalah menyingsingkan lengan baju, berpikir dan bekerja siang malam di usaha kita, sehingga usaha kita segera menghasilkan. Ini adalah momentum penting untuk bergerak ke level berikutnya.

Kalau kita tidak segera menghasilkan, jangan heran kalau kata Maxwell bahwa kita yang mengira menjadi pemimpin ternyata hanya berjalan-jalan, karena setelah kita tengok ke belakang, tidak ada orang yang mengikuti kita.

Mustofa Romdloni
Presiden TDA 4.0
www.mrcorp.co.id

kolom/presiden/feb2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X