Ketika Karyawan Terbaik Resign untuk Berwirausaha
June 5, 2014
How to Sell Your Ideas ?
June 6, 2014

Penandatanganan MoU Kerjasama TDA Batam dengan KADIN Kepulauan Riau

Penandatanganan MoU TDA Batam KADIN 3Pada tanggal 28 Mei 2014 ada momen yang penting bagi TDA Batam karena mendapat undangan dari Ketua (caretaker) KADIN Propinsi Kepulauan Riau, Ibu Nada F. Soraya, untuk berdialog di kantornya di Kawasan Niaga Central Sukajadi. TDA Batam diwakili oleh 5 pengurusnya yaitu Pak Remy Soelistyo (Penasehat TDA Batam), Pak Gunawan (Direktur Peningkatan Kapasitas Anggota), Pak Bimo Prasetyo (Direktur Keanggotaan dan Edukasi), Pak Mu’minun (Ketua Divisi Kerjasama Institusi Pemerintah & Swasta) dan Wahyudi (Ketua Divisi Komunikasi Media Cetak dan Online).

Di dalam pertemuan tersebut pengurus TDA Batam menyampaikan visi dan misi TDA. Dan tentu saja kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh TDA Batam untuk memberdayakan pengusaha UMKM di Batam. Ibu Nada F. Soraya sangat antusias dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan TDA Batam dengan program pemberdayaan UMKM tersebut.

Ibu Nada F. Soraya menceritakan rencana KADIN dalam rangka menghadapapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). KADIN akan membuat Rumah Produksi Indonesia (Trading House) yang akan membantu hasil produksi pengusaha UMKM untuk diperkenalkan ke seluruh negara anggota ASEAN.

Dalam pertemuan itu disepakati beberapa hal yang akan menjadi kerjasama antara KADIN Kepri dengan TDA Batam:

  1. Ibu Nada F. Soraya bersedia memfasilitasi networking antara TDA Batam dengan KADIN Kepri.
  2. Ibu Nada F. Soraya meminta TDA Batam untuk membuat konsep untuk mensupport Rumah Produksi Indonesia (Trading House).
  3. TDA Batam diminta untuk menyiapkan program pelatihan untuk pemberdayaan pengusaha UMKM seperti penyelenggaraan workshop seperti yang telah dilakukan selama ini.
  4. Membuat Memorandum of Understanding (MoU) antara KADIN Kepri dan TDA Batam sebagai payung kerjasama ke depan yang akan ditandatangani bersamaan dengan Dialog Budaya dalam rangka Pameran Pusaka Nusantara dan SME’s ASEAN Expo 30 Mei – 1 Juni 2014.

TDA Batam with Erwin Aksa dan Iim RusyamsiSelain itu TDA Batam juga diundang untuk menghadiri talkshow yang menghadirkan pembicara dari KADIN Pusat yaitu Erwin Aksa dan Sandiaga Uno pada tanggal 31 Mei 2014 di dalam ajang Pameran Pusaka Nusantara dan SME’s ASEAN Expo di Mega Mall Batam Center. Dalam acara talkshow ini juga hadir MWA TDA Pusat Pak Iim Rusyamsi yang hadir bersama rombongan Pak Erwin Aksa.

Dan akhirnya pada tanggal 1 Juni 2014 jam 21.00 di Harris Hotel Batam Center dalam gelaran Dialog Budaya “Ekonomi Berbasis Budaya” yang menghadirkan Sultan-Sultan Nusantara, yaitu Sultan Demak, Sultan Kutai, Sultan Jambi, Sultan Palembang, KADIN KEPRI yang diwakili Ketua (caretaker) Ibu Nada F. Soraya dan Ketua TDA Batam Pak Endratmo Irfantony menandatangani MoU kerjasama antara KADIN KEPRI dan TDA Batam.

Penandatanganan MoU ini merupakan sebuah awalan yang sangat strategis untuk lebih meningkatkan kinerja TDA Batam dalam mengakselerasi kemampuan bisnis dari anggotanya yang sebagian besar adalah pengusaha UMKM.

 

Wahyudi (Kontributor TDA Batam)

EnjoyBatam.com EnjoyTravels.net

X