Pengungkit Bisnis
November 10, 2014
Konferensi Pers Pesta Wirausaha TDA ‘Indonesia Juara MEA’
November 16, 2014

countdown

Setiap diskusi dengan teman, menyimak media, birokrat, atau mendengar dari para pakar sekalipun, ada yang tersurat dengan jelas, ada yang tersamar-samar. Tetapi intinya sama, yakni betapa dibukanya perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di akhir tahun 2015, membuat khawatir banyak pihak.

Masuk akal juga, karena dari penduduk Asean yang jumlahnya sekitar 630 juta, Indonesia adalah anggota Asean terbesar dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta, alias sekitar 40% nya. Dengan minimnya persiapan dan kemampuan kita, maka Indonesia kemungkinan hanya menjadi pasar, dimana arus barang, jasa dan tenaga kerja manusia dari negara-negara tetangga lebih leluasa mengalir ke negara tercinta kita ini.

Lebih Baik Menyalakan Lilin daripada Mengutuk Kegelapan

Akan tetapi, seperti pepatah “lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan”, daripada tenggelam dalam pikiran akan kekhawatiran di era MEA, maka Komunitas Tangan Di Atas ( TDA ) memilih untuk  berbuat, supaya kita bukan hanya siap menghadapi, tetapi juga bisa berkiprah dan mengambil manfaat di era MEA ini.

Komunitas TDA yang memiliki Visi “Membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban” yang salah satu Misinya adalah menciptakan 10.000 pengusaha milyarder hingga tahun 2018 . Kini sudah berdiri 55 wilayah TDA di Indonesia.

Beragam program untuk meningkatkan kemampuan wirausaha terus bergulir di wilayah-wilayah Komunitas Tangan Di Atas di seluruh Indonesia. Dengan kegiatan seperti pelatihan, seminar, mentoring dan aktivitas lainya, kemampuan angggota TDA, UMKM dan masyarakat sekitar di wilayah-wilayah dimana Komunitas TDA berada selalu berusaha di tingkatkan baik dari segi pengembangan diri dan keluarganya maupun bisnisnya. Dalam dunia usaha, kemampuan penjualan dan pemasaran, produk dan produksi, sistem bisnis, keuangan, sumber daya manusia, hukum, kepemimpinan dsb, adalah beberapa hal utama yang selalu berusaha ditingkatkan.

Pesta Wirausaha TDA 15 Kota, Periode 2014-2015

Salah satu kegiatan terbesar untuk meningkatkan kemampuan anggota TDA dan masyarakat umum di era MEA adalah di gelarnya program Pesta Wirausaha komunitas TDA dengan tema utama “Indonesia Juara MEA”.

Pesta Wirausaha, program tahunan TDA yang terus berkembang ini, memiliki inti acara seminar dan pelatihan, ekspo produk, bersilaturahim dan membangun jaringan, serta acara peningkatan kapabilitas bisnis lainya, kali ini di selenggarakan di 15 Kota di Indonesia antara bulan November 2014 sampai April 2015.

Adapaun urutan penyelenggaraan Pesta Wirausaha TDA 15 Kota, 2014-2015 adalah sbb:

1.Pesta Wirausaha Bekasi, 15 November 2014

2.Pesta Wirausaha Lampung, 22 November 2014

3.Pesta Wirausaha Batam, 24 – 30 November 2014

4.Pesta Wirausaha Asean Mataram, 28 – 30 November 2014

5.Pesta Wirausaha Surabaya, 6 Desember 2014

6.Pesta Wirausaha Depok, 6-7 Desember 2014

7.Pesta Wirausaha Jambi, 13 -14 Desember 2014

8.Pesta Wirausaha Samarinda, 16 Desember 2014

9.Pesta Wirausaha Mahasiswa Nasional  Yogyakarta, 17 – 18 Desember 2014

10.Pesta Wirausaha Medan, 20-21 Desember 2014

11. Pesta Wirausaha Tangerang, 30 Desember 2014

12.Pesta Wirausaha Kabupaten Bogor, 10 Januari 2015

13. Pesta Wirausaha Bali, 11 Januari 2015

14.Pesta Wirausaha Kota Bogor Raya, 11 Januari 2015

15. Pesta Wirausaha Nasional, TMII Jakarta, 3-5 April 2015

Perhelatan akbar ini kami harapkan menjadi sarana yang benar-benar bermanfaat untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan kemampuan bisnis sebagian masyarakat Indonesia, serta memiliki efek domino yang semakin besar untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Pesta Wirausaha bukan hanya sekedar even, tetapi mampu menjadi momen bersejarah yang bukan hanya mengingatkan, tetapi juga membangkitkan semangat dan optimisme. Sehingga kita memiliki komitmen dan bertindak nyata untuk menjadi masyarakat dan bangsa yang terus berbuat lebih baik dan mampu berkiprah di era globalisasi ASEAN bahkan kita Bangsa Indonesia mampu menjadi juara dan memiliki martabat dalam percaturan dunia.

Info lebih detil mengenai even Pesta Wirausaha, dapat di lihat di www.pestawirausaha.com, akun twitter @pestawirausaha, facebook Pesta Wirausaha dan www.tangandiatas.com, twitter @TanganDiAtas, serta facebook Tangan Di Atas (TDA).

Mari bersama kita berkomitmen untuk berusaha menjadi juara di era MEA dan pastikan hadir di Pesta Wirausaha.

Sampai jumpa di Pesta Wirausaha !

Direktorat Pesta Wirausaha
Komunitas Tangan Di Atas

MUSTOFA ROMDLONI
@tofazenith
Direktur Pesta Wirausaha

X