Sayembara Desain Maskot Pesta Wirausaha TDA 2019
June 12, 2018
TDA Business Sharing : Ahmad Baidillah Thariq Barra di TDA Digital TV 
August 22, 2018

Press Release : Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II Komunitas Tangan Di Atas (TDA) 2018 di Balikpapan 

Press Release

Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas)

Komunitas Tangan Di Atas (TDA)
Balikpapan, 3 Agustus 2018.
Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Komunitas Wirausaha Terbesar di Indonesia melaksanakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke II pada periode kerja Board of Directors (BOD) 5.1 di 2018 ini. Mukernas dilaksanakan di Platinum Hotel & Convention Balikpapan pada 1-3 Agustus 2018.

Mukernas ini menjadi salah satu agenda penting Komunitas TDA, dan memilih Balikpapan sebagai venue pelaksanaan acara yang dihadiri delegasi Komunitas TDA dari unsur Board of Directors (BOD), Majelis Wali Amanah (MWA), Pengurus atau dalam istilah TDA disebut sebagai “Pelayan” dari 5 Negara dimana TDA tersebar, 15 TDA Wilayah dan 90 TDA Daerah se Indonesia.

Sejumlah 245 delegasi hadir dan melaksanakan musyawarah kerja nasional, mewakili 11.457 Anggota TDA yang terdaftar dalam aplikasi TDA Passport. Sebagaimana diketahui, Komunitas TDA adalah salah satu Komunitas yang sangat serius dalam melakukan pendataan dan sistem database terintegrasi dalam melayani anggotanya, salah satunya melalui TDA Passport yang dapat diunduh secara gratis di Android dan iOS.

Hari pertama Mukernas diisi dengan rangkaian acara pembukaan dengan dihadiri perwakilan dari Kementerian Koperasi & UKM, unsur pimpinan daerah, dan undangan. Agenda kemudian dilanjutkan dengan Serah Terima Amanah (Sertinah) dari Presiden TDA 5.0 Ahmad Baidillah Barra kepada Presiden TDA 5.1 Bimo Prasetio dengan dipimpin oleh Ketua MWA Mustofa Romdloni. Acara dilanjutkan dengan refreshment TDA Values oleh salah satu founder TDA Badroni Yuzirman. Di sesi malam, ada pemaparan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang merupakan salah satu mitra strategis dari Komunitas TDA.

Hari kedua Mukernas dibuka dengan penyampaian perkembangan pembangunan Masjid Alyadul Ulya (Masjid Tangan Di Atas) di Sepinggan Baru, Balikpapan. Laporan perkembangan, disampaikan oleh Mukhlas Nasif, dan disambung dengan lelang donasi yang dipandu oleh Ustadz Ir. Suhariyono. Alhamdulillah, dalam sesi berdurasi 30 menit, donasi yang terkumpul sebesar, Rp 1.266.522.000 (satu milyar, dua ratus enam puluh enam juta, limaratus dua puluh dua ribu rupiah) + 1 cincin emas + 1 Paket Umroh untuk Imam masjid. 
Mukernas di hari ke 2 berlangsung dengan ditandai sambutan narasi mengenai Scale Up Spirit, dari sisi pribadi, keluarga, bisnis, dan komunitas. Narasi ini disampaikan oleh Presiden 5.1 Bimo Prasetio, didampingi oleh 27 BOD yang mendukung dan memperkuat tugas pelayanan kepada anggota. Agenda dilanjutkan dengan sidang komisi dan diskusi tiap direktorat di BOD 5.1. Sesi ini dipimpin oleh Sekretaris Umum TDA 5.1 Eko Desri, dengan seluruh direktorat menyampaikan paparan dan membuka sesi diskusi dengan seluruh peserta Mukernas. Sesi hari ke 2 disambung dengan sharing mengenai program Permodalan Mandiri dan Investasi (Permadani) yang merupakan upaya nyata Komunitas TDA untuk mendukung pertumbuhan bisnis anggotanya, terutama dukungan dalam aspek permodalan. Sesi pelengkap hari 2, adalah sharing bisnis dari praktisi bisnis Mustofa Romdloni dan Witjaksono yang seru dengan studi kasus dan diskusi mendalam. 

Di hari Ketiga, Mukernas TDA menghadirkan tamu undangan dari unsur Akademisi, Pebisnis, Komunitas, Pemerintah, dan Media, karena sekaligus digelar press conference sekaligus rilis hasil Mukernas. Di Hari ke tiga, ditandatangani juga MoU antara  Komunitas Tangan Di Atas (TDA) dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) untuk program Entrepreneurship di Sangatta, dalam bentuk : UKM Tangguh, berupa mentoring kewirausahaan untuk UKM binaan KPC, serta Kutimpreneur, berupa edukasi bisnis dalam bentuk seminar, business camp, dan kelas-kelas bisnis, dilengkapi dengan penyusunan proposal bisnis untuk di link and match dengan investor. Kerjasama antara TDA dan KPC disepakati berlangsung selama 3 tahun.  
Setelah pelaksanaan Mukernas, BOD dan Pelayan TDA dari seluruh Indonesia kembali ke kota masing-masing dan mengimplementasikan hasil-hasil dari Mukernas II Komunitas TDA di Balikpapan. 

Salam Scale Up Spirit!

Faizal Alfa
Direktur Marketing & Komunikasi TDA 5.1

Scale Up Spirit
HP : 082237466134

WA : 081336009066

Email : redaksi.tda@gmail.com
FB : @officialtda 

TW : @tangandiatas

IG : @officialtda 
www.tangandiatas.com 

Share yuk ...
X