Pengembangan Usaha Kuliner Modal Investor – FGD Kuliner TDA Bandung
October 4, 2013
Smart Way to Build Business – Startup Camp TDA Bekasi
October 12, 2013

Sharing Bisnis Bersama Jay Teroris – TDA Cilegon Serang Forum #4

SAM_1898Acara Forum TDA Cilegon Serang kali ini diadakan Selasa, 8 oktober lalu di Ayam Bakar Ceu Wita yang juga merupakan sekretariat TDA Cilegon Serang.  Acara ini dihadiri oleh 10 anggota termasuk pengurus.  Acara ini sebenarnya adalah acara dadakan karena memang tak terjadwal, dimana Bang Jay (Jay Teroris/Zainal Abidin) sebagai pembicara sendiri sedang ada kegiatan di Serang sehingga menawarkan diri untuk bertemu dengan rekan-rekan TDA Cilegon Serang.

Tepat pukul 7 malam acara diawali dengan perkenalan dari anggota kemudian dilanjutkan oleh Bang Jay. Bahasan yang menarik adalah ketika Bang Jay bercerita tentang Sekolah Monyetnya. Kenapa dipakai nama tersebut, dimana didapatkan dari sebuah sekolah monyet (hewan) dikawasan Thailand.  Metode pelatihan yang cukup keras dilakukan untuk mendidik  monyet-monyet tersebut menjadi pemetik kelapa.

Lebih menarik ketika cerita berlanjut tentang metode pelatihan di sekolah monyet tersebut yaitu membawa anak didik ke suatu daerah kemudian hanya diberikan 1 botol mineral dan 1 mie instan . Hanya  diberi waktu 3 hari kembali ke kota tujuan dengan membawa target profit . Terbayang bagaimana mereka mencoba bertahan dengan keadaan yang sangat terbatas. Sebuah test yang cukup berat menjadi pengusaha.

Metode ini memang banyak dilakukan oleh trainer seperti Rhenald Khasali , Jaya Setiabudi, Anthony Robbin agar pesertanya belajar mengeluarkan segala kemampuan yang mereka miliki untuk bisa kembali . Nilai – nilai yang bisa didapat  mulai dari  keterbukaan wawasan karena bertemu orang baru dan harus mencari cara baru, kreatif dalam mengembangkan modal yang sedikit, meningkatkan mental untuk bertemu dengan orang lain dan mengutarakan cara – cara bisnisnya,  bagaimana melihat suatu kelemahan menjadi kekuatan, bagaimana kita mengembangkan potensi yang belum dikembangkan.

Bang Jay juga menyampaikan tentang disiplin dan konsisten merupakan salah satu pondasi dalam mengembangkan usaha. Banyak orang yang baru berhasil sedikit sudah sombong, punya beberapa cabang sudah tidak konsisten. Hal ini yang akan menghancurkan bisnisnya pelan – pelan. Semua orang bisa meraih apa yang di impikan, asalkan mau membayar “ nilai” nya. Nilai bisa diartikan prosesnya, karena banyak orang yang hanya mau lihat suksesnya tanpa menjalani penderitaannya. “Padahal ilmu untukuk mengembangkan usaha itu dikembangkan saat kita  menderita” jelasnya.

Akhir dari sharing ini para anggota TDA Cilegon Serang dan Bang Jay melakukan foto bersama dan TDA Cilegon Serang  memberikan kenang – kenangan khas Banten agar jalinan silahturahmi semakin erat.

 

Share yuk ...
X