Mengapa Bootstrap Berpotensi Membuatmu Lebih Tangguh Dalam Berbisnis ?
January 24, 2016
30 Januari 2016 Workshop ‘Tata Cara Ekspor Produk ke Luar Negeri & Impor Bahan Baku’ – TDA Batam Forum
January 27, 2016

1 dekadeTanggal 22 Januari 2016, usia Komunitas Tangan Di Atas (TDA) genap 10 tahun. Selamat untuk Komunitas TDA, satu dekade sudah komunitas tercinta kita ini mewarnai Indonesia. TDA, kala itu didirikan oleh anak-anak muda dan sebagian besar anggotanya juga berisi kaum muda. Iya anak-anak muda yang penuh dengan semangat untuk bertumbuh, berani mencoba dan tentu punya jiwa pendobrak untuk kemajuan pada masanya.

Semangat dan jiwa muda ini yang terus mendorong perjalanan TDA hingga kini, karena zaman dan bisnis terus mengalami perubahan, dan TDA harus terus mampu mengikuti dan relevan di setiap zaman. Anggota keluarga TDA dan TDA sebagi organisasi terus bertumbuh, pertumbuhan memang tidak selalu berarti semakin besar atau menjadi yang terbesar, karena hakekat pertumbuhan adalah menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Peringatan 1 Dekade TDA, insyaAllah akan kita lakukan dalam rangkaian acara Pesta Wirausaha tanggal 3,4,dan 5 Mei 2016. Direncanakan bukan hanya melibatkan keluarga besar TDA, tetapi juga beragam elemen masyarakat yang berperan dalam dunia kewirausahaan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Let’s Grow Together ! adalah tema utama dalam peringatan 1 Dekade TDA, terkesan sebagai kalimat sederhana dan tidak menghentak-hentak. Sengaja kami pilih, karena pertumbuhan adalah sebuah komitmen dari pikiran mendalam dan tindakan. Dan kebersamaan adalah kunci bangsa kita dalam menghadapi tantangan kedepan. TDA berusaha mewarnai masyarakat yang semakin luas, serta melakukan peran untuk memupuk tautan kebersamaan ini. Sebagai contoh saja, kalau kita bersama-sama untuk memilih membeli produk Indonesia, tentu akan lebih baik untuk kita semua.

Sejalan dengan kondisi ekonomi 2016 yang bercampur aduk, antara semangat dan optimisme untuk pencapaian lebih tinggi, tetapi diimbangi dengan kehati-hatian, karena dihadapkan kondisi ekonomi makro yang penuh tantangan.

Seperti awal tahun ini terus terjadi pelemahan harga minyak yang merupakan kelanjutan dari pelemahan beragam komoditas sebelumnya, tentu berimbas besar pada industri perminyakan. Dan punya efek domino ke beragam industri penopangnya. Masyarakat Ekonomi ASEAN juga sudah mulai diberlakukan, ini tentu adalah kondisi yang harus diperhatikan juga.

Let’s Grow Together!, berorientasi kebersamaan dan pertumbuhan dengan terus menjadi lebih baik. Dalam dunia usaha, pertumbuhan yang berorientasi kesuksesan usaha bukan hanya untuk waktu singkat, tetapi juga untuk jangka panjang.

Sebagai penutup, mari belajar dari kebijaksanaan bahwa usaha itu harus untung dan selamat. Kalau untung saja adalah untuk saat ini, dan selamat adalah untuk sustainability jangka panjang.

Let’s Grow Together !

Mustofa Romdloni
Presiden TDA 4.0
www.mrcorp.co.id

kolompresiden/januari2016

X