The 3rd BANDUNG ENTREPRENEUR DAY 2017
November 27, 2017
The 3rd BANDUNG ENTREPRENEUR DAY 2017
December 2, 2017

Sebuah pertanyaan yang menarik untuk di simak, banyak member TDA memulai bisnis secara alami – organik, mulai dari mikro kecil lalu tumbuh skala Menengah. Memulai merintis bisnis engan modal gaji ketika menjadi karyawan, lalu perlahan rupiah demi rupiah dikumpulkan . Bisnis mulai kelihatan tumbuh dan yakin untuk terus berkembang. Bahkan merek dagang pun akhirnya melekat pada personal branding sang owner karena perjuangan tanpa kenal lelah untuk membangun usaha itulah UMKM.
Namun ada satu hal yang dianggap remeh, apa itu? Visi dan Misi. Tidak ada suatu pemahaman mendalam mengapa Visi Dan Misi itu perlu. Bisnis tumbuh tanpa adanya visi misi.

Sebenarnya apa visi misi itu? Dan Seberapa pentingnya?
Visi yaitu “What be believe we can be”, Visi merupakan suatu gambaran tentang masa depan, mau jadi apa nanti perusahaan, organisasi ataupun suatu lembaga. Menentukan visi berarti juga menentukan tujuan serta cita-cita yang ingin diraih.Sedangkan Misi yaitu ‘What be believe we can do‘, misi adalah apa saja yang dapat dilakukan untuk mencapai Visi tadi.

Jadi Visi adalah gambaran dan tujuan suatu lembaga atau perusahaan di masa depan sedangkan Misi adalah cara untuk mencapai tujuan itu. Kadangkala Misi perlu dirubah sedemikian rupa jika Visi belum juga tercapai. Jadi bukan visinya yang diubah hanya cara atau strategi untuk mencapai tujuannya saja yang diubah agar tetap konsisten.

Para pengusaha perlu didorong framework Vision Mindset Action, semua dimulai dari Visi & Misi, dikonsepkan dalam Business Model Canvas (BMC), di-detilan dalam Business Plan. o Vision – Mindset – Action = sudah punya gambaran bisnis dimasa depan, punya mindset dan tekad yang kuat mewujudkan, action dengan tindakan (apa, kapan, siapa, bagaimana) dengan prioritas & rentang waktu, peran dan tanggung jawab, dan pengukuran pencapaian yang jelas.

Sebagai UMKM, tidak ada salahnya mempunyai Visi yang sederhana tapi dahsyat. Misalkan, saat ingin memulai bisnis, yang tentunya masih skala mikro. Visi yang dahsyat adalah cukup bertekad mempunyai bisnis sendiri dan sukses menjadi pengusaha. Lalu misinya : cari peluang, buat produk atau layanan dan mulai pasarkan dan sukseskan penjualannnya. Target omset tahun pertama 300 juta tercapai !

X