Pelajaran Pasang Iklan Google Adwords untuk Produk Herbal
September 13, 2013
Sudahkah Menggunakan SOP (Standar Operasi Prosedur) dalam Proses Produksi?
September 14, 2013

Workshop How to Become a Coach – TDA Bekasi

nunki tda

Hari Selasa lalu, tepatnya tanggal 10 September 2013, bertempat di lantai 2 TDA Center Jl. Kalimalang Bekasi diadakan Workshop “How to Become a Coach” yang dibawakan oleh bu Nunki Suwardi. Beliau yang mempunyai latar belakang Psikologi menyampaikan hal yang sedikit berbeda dalam menyelesaikan sebuah masalah.  Materi ini sedikit banyak menyinggung tentang peran alam bawah sadar yang menguasai sekitar 90% tindakan kita sehari-hari.

Contoh kasus dengan bermacam solusi banyak di berikan oleh Bu Nunki yang sudah teruji di bidang ilmu psikologi alam bawah sadar. Beliau mencontohkan, jika kita tanya seseorang mengenai bisnis atau keluarganya dan dia menjawab sambil memegang perut maka artinya dia sedang ada masalah finansial atau kesejahteraan, kenapa?.  “Karena perut menandakan kemakmuran atau kenyamanan hidup dan tubuh kita secara otomatis akan melakukan gerakan-gerakan yang menggambarkan kondisi kita saat ini” paparnya menjelaskan.

Salah satu kunci untuk menjadi seorang coach adalah harus banyak mendengar dan bertanya secara terstruktur. Ada rumus yang harus dipegang jika kita akan meng-coach seseorang yaitu rumus 5W+1H

W – Why
W – Who
W – When
W – Where
W – What
H – How

Setiap pertanyaan kita harus mengacu kepada 5W + 1H dan setelah selesai, yang di coach harus mengulang lagi cerita diatas dan biasanya mereka akan menemukan sendiri jawabannya. Jika ada yang curhat mengenai apapun kepada kita maka jalan terbaik adalah selalu memberi semangat, kita ber-empati bukan malah berbelas kasih karena jika berbelas kasihan maka secara tidak sadar kita malah “menjerumuskan” dan membenarkan apa yang dia alami saat ini

Acara yang dimulai pukul 10 pagi dihadiri lebih dari 50-an peserta, ternyata mendapat antusias yang sangat baik walaupun diadakan di hari kerja. Workshop ini masih menyisakan banyak pekerjaan dan harus dilanjutkan ke sesi berikutnya jika ingin mengupas lebih dalam. Workshop ini berakhir pukul 12 siang dan dilanjut dengan makan bersama di lantai 1 yang menjadi Restoran Bebek Judes.

 

(Rawi/Ketua TDA Bekasi)

X